Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Wednesday, March 27, 2013

Jangan Menggunakan Telepon Genggam Saat Mendidik dan Belajar



Salam...


Beberapa waktu yang lalu saya menemukan beberapa video yang menggambarkan situasi belajar para siswa dan mahasiswa di beberapa sekolah dan perguruan tinggi di luar negeri. Saya melihat begitu kuatnya seorang pendidik memegang teguh peraturan di dalam kelas, yakni tidak menggunakan telepon genggam saat proses belajar dan mengajar berlangsung. Dalam hal ini, menggunakan telepon genggam bukan untuk kepentingan materi pelajaran/kuliah yang sedang dipelajari/didiskusikan. Begitu pula hendaknya komitmen ini di taati bersama para peserta didik/mahasiswa sebagai satu kesatuan bahwa peraturan positif dalam dunia pendidikan harus dijalankan agar kondisi proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan tepat sasaran.


Bukan hanya peserta didik, namun pendidik pun harus mematuhi peraturan positif yang ada demi kenyamanan dalam proses belajar mengajar di dalam dunia pendidikan. Bagi saya pribadi, hal ini sangatlah positif. Demi menjaga keseriusan kita dalam belajar dan mendidik.

Andaikan peraturan seperti apa yang terlihat di dalam beberapa video tersebut dapat diterapkan dalam dunia pendidikan negeri kita, barangkali akan ada dampak positif yang akan mempengaruhi mutu pendidikan Indonesia menjadi lebih baik.


berikut beberapa link videonya:






Salam...


Jakarta, 27 Maret 2013


No comments:

Post a Comment