Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Saturday, December 15, 2012

Indonesia di Masa Depan dalam Prespektif Islam




Salam...

Indonesia adalah negeri yang subur dengan segala sumber daya alam hayati dan non hayati. Berkah dari Allah ini hendaknya kita syukuri sebagai fasilitas bagi kehidupan kita untuk menata kehidupan Indonesia ini agar senantiasa dalam kondisi yang baik. Dalam pandangan penulis, ada bebeberapa hal penting yang menjadi kunci utama agar Indonesia di masa depan menjadi bangsa yang mandiri; memiliki sumber daya manusia yang berilmu pengetahuan luas, berakhlak yang mulia, serta mampu bersaing dengan negeri-negeri lain yang ada di bumi ini.


1. Pendidikan Akhlak dan Pelaksanaannya

Di dalam Islam, Akhlak atau perilaku yang baik itu telah kita dapatkan sejak kita hadir ke dunia ini. Bagaimana perilaku orang tua kita bertingkah laku saat kita lahir hingga kita dibesarkan menjadi remaja dan dewasa memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan perilaku kita. Sebagai makhluk ciptaan Allah yang diberikan akal dan fikiran untuk menilai benar atau salah suatu hal yang kita lihat, serta hati untuk merasakan & membenarkan apa yang telah diperintahkan oleh akal, dan hawa nafsu sebagai perbuatan yang kita lakukan atas perintah akal dan pembenaran dari hati kita. Allah berfirman dalam wahyu-Nya, dalam Surah Ibrahim (14) ayat 7 yang artinya:
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni'mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni'mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Dari wahyu Ilahi diatas, dapat kita fahami bahwa semua yang terjadi pada diri kita hari ini adalah atas izin Allah; jika kita memaknai kehidupan ini dengan melakukan kebaikan atas pendidikan yang kita dapat dalam lingkungan keluarga dan bermasyarakat, insyaAllah kebaikan pula yang akan kita dapatkan dalam kehidupan dunia dan akhirat nantinya.
Dengan demikian, Islam sebagai diin Allah telah memfasilitasi kehidupan manusia Indonesia untuk menjadi manusia yang memiliki pendidikan karakter yang baik, sehingga dapat tampil di dalam kehidupan sehari-hari membaur dengan siapapun dalam lingkup nasional maupun internasional dengan mengedepankan Akhlak atau perilaku atau karakter yang baik dalam berbagai bidang, sehingga menjadi teladan yang baik bagi siapapun yang melihatnya.


2. Persiapkan Generasi Islam untuk Membangun Indonesia

Menjadi hal yang sangat penting bahwa estafet kehidupan manusia yang ber-Akhlakul Karimah ini perlu diteruskan untuk menjaga keharmonisan dalam kehidupan bangsa Indonesia dimasa depan dalam kepemimpinan para penerus-penerus Islam yang berwawasan luas, sehat jasmani dan rohani, serta senantiasa mengedepankan toleransi dan perdamaian terhadap sesama makhluk Allah. Sebagaimana firman Allah dalam surah An-Nissa' (4) ayat 9 yang artinya:
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

Allah swt telah mengingatkan kita sebagai makhluk yang telah diberikan kesempurnaan dalam mengelola kehidupan ini, bahwa kita hendaknya khawatir jika di masa depan generasi Islam tidak mampu tampil sebagai penerus bangsa Indonesia ini. Oleh sebab itu, kita hendaknya peduli dan benar-benar mempersiapkan bagaimana generasi masa depan Islam di Indonesia menjadi generasi yang unggul; dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi diberbagai bidang, dengan mengedepankan Akhlak yang mulia dan toleransi terhadap sesama dapat memajukan bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang menjadi contoh yang baik bagi bangsa-bangsa lain di bumi ini melalui inovasi-inovasi di berbagai bidang sehingga dapat dimanfaatkan oleh orang banyak untuk kesejahteraan di dalam kehidupan ini.

Ini bukanlah tugas yang mudah dan butuh waktu sebentar dengan pengorbanan yang sedikit. Tentunya hal ini menjadi tugas yang berat dan waktu yang panjang untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat dan sejahtera dengan pengorbanan yang sungguh-sungguh dari kita semua dalam mempersiapkan generasi Islam masa depan yang mampu menjadikan bumi Indonesia dalam kondisi aman dan sejahtera dalam mewujudkan keadilan terhadap sesama,tanpa membeda-bedakan suku, agama, dan ras.



Salam...


Jakarta, 15 Desember 2012


*tugas mandiri pada mata kuliah pendidikan agama Islam*

No comments:

Post a Comment