Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Saturday, December 22, 2012

Senantiasa Belajar Menjadi Manusia Yang Baik dalam Pandangan Tuhan



Salam...


Tiada daya dan upaya manusia untuk berbuat sesuatu apapun dalam kehidupan tanpa izin Tuhan. Segala kemampuan yang di miliki manusia juga ada atas kehendak Tuhan, Rabb yang Maha Adil.
Penulis bukanlah orang yang hebat dan punya dedikasi yang baik dihadapan Tuhan, penulis hanyalah manusia biasa yang sedang mencoba menjadi insan Tuhan yang berguna bagi setiap makhluk yang ada di alam semesta ini.

Penulis selalu belajar bagaimana berempati kepada manusia lain, belajar menghargai orang yang telah memberikan contoh dan teladan yang baik kepada orang-orang yang ada disekitarnya. Berani memberikan bantuan kepada orang lain dalam keadaan apapun sebagai bentuk hubungan sosial dalam kehidupan ini bagi penulis adalah hal yang menyenangkan, punya kepuasan bathin tersendiri. Terkadang berjuang untuk membantu orang lain itu lebih menarik dari pada menjadikan materi sebagai tujuan dalam bekerja.

Tata krama, bagi penulis hal ini tidak pernah penulis lupakan. Bagaimana kita bersikap, berbuat, dan berkata terhadap orang-orang yang ada disekitar kita haru mencerminkan kejujuran hati kita. Bukan untuk membanggakan diri bahwa kita mampu, tapi murni karena panggilan Tuhan yang diperintahkan kepada kita untuk memberikan sesuatu yang bermanfa'at di dalam kehidupan ini. Penulis banyak belajar tata krama dari para pemulung, petugas kebersihan, tukang parkir, pengamen, penjual sayur keliling, dan dari orang-orang yang masih menghargai dirinya di hadapan Tuhan yang bukan karena kekurangannya, melainkan karena mereka ingin memberikan yang bermanfa'at kepada makhluk Tuhan yang lain.

Manusia itu memiliki dasar kepribadian yang baik dari Tuhan. Namun kebaikan itu dapat berubah karena pengaruh lingkungan di sekitar mereka yang lebih kuat untuk mereka jadikan pilihan dalam kehidupan mereka.


Salam...



Jakarta, 22 Desember 2012





No comments:

Post a Comment