Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Monday, November 5, 2012

Semangat Belajar Menjadikan Mahasiswa Terampil dan Aktif



Salam...



Menjadi mahasiswa yang belajar di bangku perkuliahan tentu saja banyak mendapatkan pengalaman dari interaksi selama proses pendidikan berlangsung. Harapan setiap pendidik dan lembaga pendidikan tentunya mengharapkan para mahasiswa mampu mengikuti setiap materi perkuliahan dengan baik sehingga dapat menguasai ilmu yang disampaikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar bukanlah mencari siapa yang benar dan siapa yang salah, mana yang benar dan mana yang salah. Tapi belajar adalah salah satu cara kita untuk memahami dan menganalisa setiap materi/permasalahan yang ada dan atau diajukan untuk mengasah otak kita terhadap persoalan apa yang sedang kita hadapi, sehingga kita mampu menyimpulkan suatu cara atau metode apa yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. 


Jangan khawatir terhadap kekurangan (kemampuan) kita berfikir, karena kita semua dalam proses belajar. Jika kita terus berlatih membiasakan diri untuk belajar dari setiap permasalahan, mudah-mudahan kita semakin mendapatkan banyak pelajaran bagaimana cara mengatasi suatu permasalahan. Jadi, jangan takut salah dalam belajar, karena kita sedang melatih daya fikir kita untuk menganalisa suatu persoalan. Tanpa melatih diri, kemampuan kita tidak akan lebih baik dari sebelumnya.


Keaktifan seorang mahasiswa memberikan peluang besar bagi dirinya untuk terus belajar dan belajar dari banyak pengalaman, sehingga dia punya banyak peluang dan cara untuk menyelesaikan suatu masalah yang baru dari pengalaman-pengalaman sebelumnya.


Mahasiswa terampil tentunya menjadi harapan besar bagi bangsa ini, semoga kita diberikan kekuatan untuk terus belajar dari setiap permasalahan yang kita coba selesaikan. Jadikan semangat belajar kita sebagai gerbang untuk memulai diri menjadi Mahasiswa yang terampil dan aktif di manapun kita berada.



Salam...



Jakarta, 05 November 2012 


No comments:

Post a Comment