Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Tuesday, November 13, 2012

Filosofi Posisi Duduk Saat Belajar di Ruang Kuliah


Salam....


Hal yang menjadi kebiasaan penulis selama menempuh pendidikan berkenaan dengan posisi tempat duduk, dimana posisi duduk di bagian belakang (tengah) bagi penulis sangatlah strategis, karena:

a. Kita bisa melihat semua sahabat-sahabat kita yang hadir & siapa sahabat kita yang tidak hadir

b. Kita bisa melihat apa saja yang mereka lakukan selama belajar. 

c. Kita bisa menilai mana sahabat yang serius belajar dan mana yang tidak.

d. Kita bisa menilai diri kita sendiri kita masuk kategori yang mana.

Pelajaran terpenting dengan duduk dibelakang bagi penulis pribadi, kita lebih memiliki cakupan ruang pandang yang lebih luas, sehingga membuat ruang berfikir juga semakin lebar dan tidak merasa sempit. 

Karena bagi penulis pribadi, relaksasi saat belajar itu sangat penting untuk menghilangkan kejenuhan di ruang belajar. Andai saja penulis duduk di bangku paling depan, dan melihat/menoleh ke belakang. Maka akan tidak enak di lihat oleh pendidik. Padahal sebenarnya mungkin kita ingin menghilangkan kejenuhan selama menerima materi misalnya.

Itulah sebabnya mengapa penulis lebih memilih duduk di posisi belakang terutama bagian tengah. Karena bagi penulis, relaksasi otak di sela-sela belajar itu sangatlah penting, agar kerja otak tidak monoton dan merasa berat akibat beban berfikir dari aktivitas belajar yg memerlukan kefokusan dalam menerima materi pelajaran.


Terkadang melihat tingkah laku teman-teman yang sedang menerima materi pendidikan juga membuat fikiran menjadi rileks kembali disela-sela penulis memperhatikan apa yang dijelaskan oleh pendidik di depan ruang kuliah. 

Belajar itu bagi penulis pribadi harus rileks, tidak monoton yang dapat membuat kepala sakit dan perasaan cepat jenuh menjadi muncul. Karena jika sudah jenuh terkadang kita menjadi hilang konsentrasi saat menerima materi perkuliahan. Maka dari itu, perlu upaya-upaya positif untuk menghilangkan kejenuhan saat menerima materi kuliah.


Ini hanya pendapat pribadi penulis saja, bukan berarti posisi duduk di tempat yang lain tidak baik.


Terima kasih....


Salam...


Jakarta, 13 November 2012



No comments:

Post a Comment