Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Saturday, October 13, 2012

Petugas Kebersihan, Orang Yang Mulia dalam Pengabdiannya



Salam....


Bukanlah menjadi suatu masalah apa yang dilakukan seorang hamba Tuhan dalam kehidupannya. Selama hamba-Nya itu melakukan perbuatan yang disukai oleh Penciptanya. Tuhan tidak akan berhenti memberikan perhatian kepada hamba-hamba-Nya, selama hamba-hamba-Nya itu memperhatikan apa yang telah diwajibkan kepadanya dari Tuhan-nya. Tapi, jika ada seorang manusia yang membiarkan perintah Tuhan-Nya, maka akan ada kesempitan di dalam diri manusia itu untuk berbuat kebaikan. Bukan Tuhan yang menjadikannya demikian, tapi diri manusia tersebut yang menjadikan hatinya sempit untuk berbuat kebajikan.



Jika penulis bertemu dengan beberapa pekerja/petugas kebersihan; para petugas kebersihan di jalan raya, di taman-taman, lingkungan rumah, perkantoran, fasilitas umum, pusat perbelanjaan, dsb, penulis mendapatkan banyak pelajaran hidup dari mereka. Jangan di lihat mereka berbaur dengan sampah dan tempat yang kotor, tapi lihatlah pengabdian mereka dalam menjaga kebersihan. Seharusnya mereka diberikan jasa yang setimpal atas pekerjaan mereka. Lihatlah keteguhan hati mereka dalam bertugas, apa semua orang mau bekerja sebagai petugas kebersihan sampah lingkungan atau petugas kebersihan yang membersihkan toilet atau kamar mandi yang tersedia di tempat-tempat fasilitas umum atau gedung perkantoran?


Belajarlah dari mereka, yang memiliki peran penting dalam pengabdiannya; menjaga kebersihan lingkungan dan fasilitas umum dan memberikan contoh positif kepada kita yang melihatnya, bagaimana  mereka menjadikan profesi mereka sebagai pelajaran hidup bagi kita semua.


Tuhan menyukai hamba-hamba-Nya yang Tulus dan Ikhlas dalam mengabdi kepada-Nya dalam kehidupan ini, bukan karena penampilan dan materi yang menyilaukan mata hati. Belajarlah dari mereka, karena mereka tiada pernah mengeluh atas profesi dan pengabdian mereka.


Salam....



Jakarta, 13 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment