Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Thursday, September 20, 2012

Belajar Mandiri Mendidik Kita Untuk Memiliki Tanggung Jawab

Salam....


Setelah mengikuti perkuliahan hampir 2 pekan, Alhamdulillah banyak pelajaran yang dapat dijadikan bahan evaluasi diri untuk terus belajar memaknai diri dan lingkungan bagaimana memanfa'atkan ilmu yang telah kita dapat selama menunaikan proses pendidikan. Usia dan pengalaman setiap manusia tentu berbeda, namun ilmu yang di dapat dan ilmu yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menjadi alat ukur sejauh mana seseorang itu mau dan mampu mengapilikasikan apa yang telah ia dapatkan selama proses pembelajaran ilmu-ilmu yang ada.

Proses pendidkan yang mengedepankan kejujuran dan niat baik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan akan menghasilkan out put yang baik pula. Pertentangan-pertentangan terhadap pola pembelajaran di bangku perkuliahan akan selalu ada, karena setiap dosen/pendidik memiliki pola transfer ilmu yang berbeda-beda. Namun tidak mengurangi tujuan dari pendidikan di perkuliahan itu sendiri. Seperti apapun pola didik yang ditampilkan oleh seorang dosen selaku pendidik di perkuliahan, tentunya harus kita ikuti. Karena dari pola mendidik yang variatif akan menambah wawasan seorang mahasiswa dalam belajar bagaimana menyikapi cara mendidik para dosen hingga apa yang mereka sampaikan dapat kita fahami dan kita terima dengan baik. Tentunya ini suatu tantangan bagi kita yang sedang mengikuti pendidikan di perkuliahan.


Belajar mandiri, itulah yang hari ini penulis rasakan. Dari beragam pola didik yang diterapkan oleh para dosen, itulah yang dapat penulis simpulkan. Mereka ingin dan mempunyai harapan besar kepada para mahasiswa untuk lebih mengedepankan pola belajar dengan kesadaran untuk belajar secara mandiri. Penulis menyimpulkan dengan belajar mandiri secara teratur dan sungguh-sungguh akan mendidik para mahasiswa untuk punya rasa tanggung jawab terhadap setiap materi kuliah yang disampaikan; mulai dari mencari buku-buku yang dipelari, mau membaca dan menganalisa setiap pembahasan yang ada, mau berdiskusi dengan sesama sahabat tentang suatu pembahasan, hingga para mahasiswa mampu menjabarkan setiap materi yang ada dengan benar dan tepat guna sesuai dengan bidangnya.


Hal ini sangatlah penting bagi kita yang sedang menempuh pendidikan di jurusan program pendidikan. Karena suatu saat nanti kita juga akan menjadi pendidik sebagaimana para pendidik hari ini. Cita-cita mahasiswa memang sungguh beragam. Namun rasa tanggung jawab kita dalam mengikuti proses pendidikan di perkuliahan ini akan memberikan pelajaran penting bagi kita bagaimana kemandirian dalam belajar dan menyikapi setiap masalah akan menghantarkan kita menjadi manusia yang jujur dan disiplin dalam kehidupan kita.


Salam...


Jakarta, 20 September 2012

No comments:

Post a Comment