Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Saturday, February 18, 2012

Ketika Murid-Murid Mengatakan "Ibu Gurunya Korupsi"

Salam...

Sesaat saya merasakan ada yang tidak sesuai dengan apa yang saya tunaikan selama mendidik, ketika murid-murid saya berkata dengan lantang "Ibu gurunya korupsi". Saya yakin, apa yang dikatakan murid-murid di tempat saya mengajar les bukanlah sesuatu yang bohong dan tidak masuk akal, melainkan karena ada bukti sehingga mereka berani berkata demikian.


Guru itu bagi saya adalah seseorang yang telah dianugerahkan Tuhan Amanah yang Mulia untuk menyampaikan Ilmu positif dan bermanfaat kepada orang-orang yang ada di sekitarnya, khususnya para generasi penerus kehidupan ini dimanapun mereka berada agar kehidupan ini dapat berjalan dengan aman, damai, dan sejahtera.


Jika seorang guru telah keluar dari amanah, maka saat itu pula Ilmu positif tidak lagi menjadi berkah bagi yang menerimanya, dikarenakan yang menyampaikan sudah mencoba berbohong kepada Tuhan yang telah memberikan amanah itu kepadanya. Sangat banyak bukti-bukti nyata, ketika seorang pendidik telah menyimpang dari amanah yang dikuasakan kepadanya, maka akan muncul bentuk-bentuk ketidakseimbangan seperti apa yang telah dialami oleh murid-murid di tempat saya mengajar les. Keluhan para murid merupakan bukti nyata bahwa seorang guru di tempat mereka menuntut ilmu sudah tidak amanah dalam menunaikan tugasnya.

Kita jangan pernah mengira bahwa Tuhan akan diam dan tidak memberikan teguran kepada kita. Karena menyampaikan Ilmu itu adalah tugas yang mulia dari Tuhan, maka Tuhan pasti akan memantau perbuatan kita. Hendaknya kejadian ini dapat menyadarkan dan menjadi pelajaran bagi kita semua agar senantiasa menjaga amanah-Nya dengan menunaikan tugas yang mulia ini dengan jujur dan sungguh-sungguh hingga generasi penerus kita nantinya dapat menjaga kehidupan ini dengan baik dan benar.


Jadilah pendidik yang punya komitmen untuk memajukan pemikiran dan keteguhan hati anak bangsa ini, agar senantiasa belajar dan bekerja dengan baik dalam proses pembelajaran bagi mereka menjadi orang-orang yang berguna bagi kehidupan ini baik dimasa sekarang maupun dimasa hadapan. Guru yang arif dan bijaksana adalah guru yang terus memperjuangkan pendidikan ini agar dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan para siswa didik, hingga mereka dapat belajar dalam kehidupan ini dalam proses menjadi manusia yang memiliki cita-cita yang positif dalam membangun tatanan kehidupan ini dengan baik dan benar.


Salam...

Jakarta, 18 Februari 2012


No comments:

Post a Comment