Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Sunday, February 12, 2012

Bagi Saya Mendidik Itu Menjadi Solusi Dalam Menjalani Kehidupan

Salam.....

Selama mendidik begitu banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan ini; belajar dari kondisi para murid yang memang memiliki kemampuan yang memang perlu bimbingan serius untuk kelancaran proses pendidikan mereka, belajar dari kondisi kehidupan orang tua murid yang serba pas-pasan dalam pembiayaan pendidikan anak-anaknya, juga kondisi anak yang diberikan fasilitas oleh orang tuanya namun jarang  berkumpul dan bercengkrama dengan orang tuanya.

Sekitar 12 tahun yang lalu saya saya mulai mengajar, saat itu pula saya sudah mulai belajar memahami karakter dan kemampuan para murid didik, termasuk di dalamnya kehidupan keluarganya. Kehidupan materi yang serba pas-pasan dari orang tua murid saya mengajarkan saya menjadi orang yang tidak boleh berlebihan dalam mengabdi, dalam arti bahwa jasa yang kita dapatkan dari apa yang telah kita kerjakan dalam mendidik para murid, menyampaikan ilmu dari Tuhan kepada mereka adalah suatu perbuatan yang mulia yang tidak bisa di ukur dengan materi. Saat itu pula pelajaran berharga itu mengajarkan saya bahwa mengabdi sebagai pendidik itu bukan untuk mencari materi, melainkan untuk menyampaikan Amanah Tuhan yang telah Tuhan titipkan kepada kita untuk disampaikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, dengan harapan bahwa nanti mereka yang menerima Ilmu Tuhan itu akan melakukan apa yang telah kita ajarkan kepada mereka. Ketika niat kita lurus untuk memberikan kebaikan kepada orang lain, Tuhan juga akan memberikan apa yang telah menjadi hak kita dengan bagian yang adil.

Waktu pertama kali saya mengajar, dari 8 kali pertemuan mengajar dalam 1 bulan saya diberikan Tuhan apa yang menjadi bagian saya yang nominalnya 1/8 dari apa yang didapatkan dari teman saya yang juga sebagai pendidik. Namun hingga saat ini saya tidak pernah mengeluhkan bagian yang telah Tuhan berikan kepada saya, karena saya yakin Tuhan Maha Adil. Inilah pelajaran yang sangat berharga bagi saya, bahwa mendidik itu perbuatan mulia yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita selaku makhluk Tuhan. Maka dari itu saya selalu menanamkan dalam diri saya bahwa berapapun bagian yang diberikan Tuhan kepada kita dari amanah yang telah kita tunaikan, maka itulah yang menjadi hak kita; tidak lebih dan tidak pula kurang.


Saya selalu berdo'a agar diberikan perlindungan oleh Tuhan dalam setiap aktivitas sehari-hari, dilancarkan dalam menunaikan amanah-Nya. Karena bagi saya do'a itu penting, untuk mengingatkan diri saya selaku Insan Tuhan. InsyaAllah semua ini bermanfa'at dan menjadi pelajaran positif bagi kita semua.


Salam....

Jakarta, 12 Februari 2012











No comments:

Post a Comment