Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Monday, February 27, 2012

Jangan Pernah Merasa Kesal Ketika Anak Didik Belum Mengerti Apa Yang Kita Ajarkan

Salam...


Seorang pendidik hendaknya memahami tujuan utama mereka mendidik. Bagi saya sendiri mendidik itu merupakan suatu proses menyampaikan ilmu positif kepada setiap orang, yang dalam hal ini adalah para peserta didik. Yang namanya proses itu perlu waktu, dengan demikian setiap harapan para pendidik tentunya tidak bisa terpenuhi 100 % dikarenakan semua peserta didik memiliki kemampuan menerima ilmu yang berbeda-beda dari apa yang kita sampaikan.

Dengan demikian, sebagai pendidik harus punya komitmen untuk terus mendidik dengan baik dalam proses menyampaikan Ilmu. Jangan pernah merasa puas terhadap peserta didik yang bisa menerima ilmu yang kita sampaikan dengan baik hingga mereka mengerti dan memahami materi yang disampaikan. Dan jangan pernah kesal ketika ada peserta didik yang belum bisa memahami materi yang disampaikan meskipun materi tersebut telah kita sampaikan beberapa kali.

Sekali lagi saya menyampaikan bahwa mendidik itu suatu proses bagaimana seorang peserta didik dapat memahami dan menerima ilmu yang disampaikan. Meskipun hari ini mereka belum bisa menerima dan memahami dengan baik, namun yakinlah suatu saat mereka akan menjadi penerus bangsa yang lebih baik dari pengalaman mereka mendapatkan pendidikan dari para pendidik yang terus mengayomi mereka sejak bersekolah di tingkat dasar hingga pendidikan tinggi.

Semoga pemahaman kita terhadap proses pendidikan yang kita kerjakan saat ini akan menjadi pelajaran berharga untuk peserta didik dan kita selaku pendidik.


Salam...



Jakarta, 27 Februari 2012



2 comments:

  1. Betul, jangan pernah puas...teruslah berinovasi supaya apa yang kita sampaikan mengenai sasaran dan jangan mudah putus asa dengan kegagalan.

    naice posting
    salam

    ReplyDelete
  2. Sama mbak Icha, terima kasih untuk tanggapannya

    salam & selamat bertugas disana

    ReplyDelete