Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Monday, December 12, 2011

Cerita Bersama Anak Didik: "Keluhan Selama Belajar"

Salam


Seperti biasanya, setiap hari selalu saja ada alasan yang berujung keluhan anak-anak didik :)
Kebiasaan mereka kalau di kelas itu banyak; mulai dari suka ngobrol dengan yang lain, memukul meja sambil berdendang, belum lagi ada yang sibuk mencoret-coret meja.

Kadang rasa malas dan bosan belajar membuat mereka tidak bersemangat untuk mengikuti pelajaran, namun bukan berarti mereka jadi tidak belajar. Begitu sibuknya mereka dengan dirinya yang merasa malas untuk belajar, hingga saya menanyakan "Apa nama ibu kota negara Amerika Serikat", dengan beragam jawaban yang mereka utarakan. Tapi yang malah membuat saya bingung ketika murid saya Yusuf saya tanya "Memang tadi soalnya yang ditanyakan ibu kota negara apa?" Dia menjawab "Ibu kota Negara Argentina Om." Nah lho, kenapa bisa jadi Argentina ya :)

Ya, beginilah murid saya jika di kelas. Beragam karakter yang terkadang membuat saya untuk tetap selalu berusaha mendidik mereka untuk lebih rajin dan serius dalam belajar. Anak-anak selalu saja beralasan ketika saya berikan soal latihan, apa lagi yang berhubungan dengan pelajaran matematika :)

Baru saja saya selesai membuat soal, mereka mulai mengeluhkan soal yang saya berikan, mulai dari pertanyaan "Faktor Prima apaan sih? Ah... ga ngerti dah Om." Belum lagi ada yang mengatakan "Om, Yusuf sampai 3 soal aja yang mengerjakannya?" Atau ada yang sibuk menanyakan bagaimana mengerjakan faktorisasi dengan pembagian bilangan-bilangan prima.


Sampai-sampai ada yang beralasan "Om, perut mules nih, pengen cepat pulang." Tapi, ketika di berikan izin untuk pulang dia tidak mau, alasannya perutnya sakit, ga bisa jalan. Wadoh :)
Padahal saya sudah memberitahukan saja untuk ke belakang, ada kamar mandi, tapi dia tidak mau. Katanya ga enak kalau disini, maunya di rumah. 


Banyak pelajaran dan pengalaman dari mereka, semoga saja mereka lebih baik lagi ke depannya,

Salam


Jakarta, 12 Desember 2011




2 comments:

  1. Salam kenal, pak Guru
    Kok manggilnya, Om, sih? Hehehe

    Muridnya unik2

    Btw, tentang pengiriman buku, boleh mengirimkan komik asal bukan komik yang dewasa :)

    Kami hanya ada volunteer di Bintaro
    Ini alamatnya

    Saidy Alhady

    Jl. Cendrawasih 5 Blok B 13 Nomor 5
    Jurangmangu Timur
    Pondok Aren
    Bintaro

    15222

    Kontak number, bisa hubungi saya. Atau inbox di kompasiana

    ReplyDelete
  2. Salam kenal kembali pak
    Sejak saya mulai mengajar sekitar 10 tahun yang lalu, baru 2 murid yang memanggil saya "pak".

    Tapi tidak mengapa, karena memang begitu adanya :)

    Saya masih mempersiapkan pengepakan buku-bukunya, insyaAllah semua bukunya baik di baca untuk semua kalangan

    salam

    ReplyDelete