Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Monday, November 28, 2011

Cerita Anak Didik Pekan Lalu

Pekan lalu murid-murid saya mendapatkan ulangan dari gurunya di sekolah. Kemudian saya tanyakan kepada mereka ulangannya apa saja. Kemudian mereka menjelaskan bahwa guru mereka tidak masuk 5 hari karena mempersiapkan soal untuk ujian semester. Makanya murid-murid saya di sekolahnya mendapatkan ulangan selama beberapa hari dari guru mereka yang dititipkan kepada penjaga sekolah untuk dibagikan. Ulangannya juga boleh melihat buku.

Saya merasa ini sesuatu yang tidak masuk akal. Apakah karena mau membuat soal ujian semester, guru tersebut izin tidak masuk mengajar murid-muridnya di sekolah hanya dengan alasan demikian? Sementara guru-guru yang lain tetap hadir di sekolah seperti biasa untuk mengajar.


Apakah pantas tindakan guru tersebut? Jujur saja saya sangat tidak setuju. Bagi saya ini sama saja dengan menelantarkan para peserta didik yang seharusnya dapat berkomunikasi dengan guru mereka untuk mendapatkan pengarahan dalam belajar.


Bagi saya, membuat soal ujian semester  sebagai alasan bagi guru tersebut untuk tidak hadir ke sekolah mendidik murid-muridnya adalah alasan yang mengada-ada, sesuatu yang tidak pantas tapi di buat menjadi pantas. Itu sama saja dengan guru yang tidak bertanggung jawab kepada murid-muridnya.


Bisa dibayangkan, jika ada oknum guru seperti dia melakukan hal yang sama. Hendaknya ini menjadi contoh yang tidak pantas ditiru dan dilakukan bagi kita sebagai pendidik generasi bangsa.


Jakarta, 28 November 2011

No comments:

Post a Comment