Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Sunday, November 6, 2011

Anak Didik Yang Mau Belajar

Salam...

Sebenarnya tulisan ini banyak dialami oleh para pendidik saat menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Sedikit saya ceritakan bagaimana perilaku murid-murid ditempat saya mengajar. Saat ini dari 4 murid yang saya didik semuanya memiliki kesamaan kebiasaan, yakni ingin cepat selesai mengerjakan tugas, mengerjakan latihan, dan ingin cepat pulang. Lalu kebiasaan mereka yang lain juga sering berbicara saat belajar, sering menggambar di buku, atau mencoret meja belajar mereka. Terkadang ada yang malah mengobrol dengan teman yang lain dari pada memperhatikan.

Ini merupakan pengalaman saya selaku pendidik yang dulu juga pernah saya alami ketika saya masih bersekolah. Setiap orang pun mungkin mengalami hal demikian, entah itu pengalaman pribadi atau pengalaman dari teman-teman sekolahnya.

Selaku pendidik saya tetap berdo'a dengan pengabdiaan saya selaku pendidik yang menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik bagi peserta didik yang kita ajar. Karena do'a berbentuk pengabdian untuk perbaikan dalam rangka mendidik peserta didik yang berperilaku baik dan memiliki kecerdasan yang tinggi adalah perbuatan mulia yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang memiliki tujuan yang benar.

Saya juga tidak pernah memarahi mereka, karena saya masih melihat apa yang mereka lakukan bukanlah tindakan tercela, melainkan suatu spontanitas yang mereka dapatkan dari pembelajaran mereka di lingkungan hidup mereka; baik di keluarga, sekolah, dan masyarakat. 

Saya yakin, suatu saat ada waktu dimana mereka memikirkan kembali perjalanan kehidupan mereka saat mereka mendapatkan pengajaran yang baik dan benar dari para pendidik yang ikhlas mendidik mereka sejak kecil untuk kemajuan bangsa ini. Karena pendidikan yang baik akan memperlihatkan kualitas generasi penerus yang mau di ajak bersama-sama membangun bangsa ini kepada kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Jakarta, 06 November 2011

No comments:

Post a Comment