Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Wednesday, November 2, 2011

Anak-anak Didik dan Kebiasaannya


Salam...


Hari ini saya kembali mengajar murid-murid les, meskipun mereka datang terlambat, tapi durasi mendidik tetap antara satu setengah jam s/d dua jam. Apa yang unik dari mereka berkenaan dengan kehadiran saat les mau di mulai? Ya, tentu saja semuanya punya cerita. 

Biasanya saat saya tiba, ada yang sudah terlebih dahulu duduk di ruangan, ada yang sudah datang tapi masih menyempatkan diri untuk bermain bola, dan ada juga yang belum hadir sampai saya harus menelepon orang tuanya :)

Nah, apa yang unik dari mereka? Ada nih yang membuat orang tuanya pusing, yakni ketika 3 orang anak didik saya tidak ada di tempat les; ada yang sedang main bola, ada yang sedang main PS (Playstation) dan ada yang di warnet main game online. Biasanya murid yang 1 lagi sibuk deh mencari temannya lagi main dimana, begitu juga orang tua mereka pada nyariin. Begitu yang satu ketemu, yang nyari malah belum datang. Akhirnya pada saling mencari. Kalau sudah begini, waktu 30 menit dihabiskan untuk mencari teman-temannya.

Setiap pertemuan sering saya ingatkan kepada peserta didik, untuk lebih memperhatikan pelajaran di sekolah dengan melatih diri untuk mengulang pelajaran atau membantu orang tua sebelum berangkat les. Saya juga mengingatkan mereka agar tidak main ke warnet, game online, atau playstation. Tapi demikianlah adanya, selama orang tua mereka memberikan uang  untuk hal tersebut, mereka tidak akan pernah berhenti. Saya sering memberikan cerita dari pengalaman saya, dan saya juga menyarankan kepada mereka lebih baik menabung dari pada uangnya habis untuk kesenangan sesaat yang tidak ada akhirnya.


Semoga mereka dapat berubah ke arah yang lebih baik, begitu juga dengan peserta didik dimanapun mereka berada.


Jakarta, 02 November 2011

No comments:

Post a Comment