Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Tuesday, November 1, 2011

Melatih Diri Bersikap Santun

Salam....


Tidaklah mudah menciptakan suatu kebaikan di dalam diri kita, karena kemudahan itu ada pada proses dari keinginan kita untuk mewujudkannya. Niat memang menjadi awal setiap tindakan manusia, oleh karenanya perlu latihan yang rutin dan terus menerus agar kita dapat mewujudkannya.


Orang tua kita sering mengajarkan kita untuk bersikap santun terhadap orang lain. Baik dengan lisan maupun perbuatan. Kesantunan yang dicontohkan orang tua kita adalah pelajaran yang sangat berharga untuk kita. Demikianlah yang saya rasakan saat ini, ternyata kesantunan itu menjadi contoh yang tidak ternilai untuk saya contohkan kepada orang lain.


Beberapa murid di tempat saya mendidik adalah anak-anak yang hidup dilingkungan rumah  kontrakan yang terbilang cukup padat. Mereka terlahir dilingkungan yang ramai dengan beragam perilaku masyarakatnya; baik dari ucapan maupun perbuatannya. Dari apa yang saya amati; diantara murid-murid saya ada beberapa yang sering menggunakan kata-kata yang kasar dan tidak enak di dengar.


Peran orang tua memang sangat dominan dalam membentuk anak berperilaku santun terhadap siapapun; baik dengan keluarga, dengan teman sekolah, maupun masyarakat dimana dia beradaptasi dilingkungan.


Demikian juga peran para pendidik, mereka juga bagi menjadi contoh bagi peserta didik; baik ucapan dan perilaku yang diajarkan, maka anak didik menjadi anak yang mampu beradaptasi dalam lingkungan apapun. Selama pengajaran yang baik di keluarga, lingkungan tempat tinggal dan di lembaga formal mereka dapatkan, InsyaAllah ke depan bangsa Indonesia akan melahirkan generasi masa depan yang berperilaku Santun terhadap lingkungannya.




Jakarta, 01 November 2011

No comments:

Post a Comment