Bismillah Ar-Rahmaan Ar-Rahiim

Friday, October 5, 2012

Guru, Antara Profesi dan Pekerjaan




Salam...




Membuka wacana seputar pendidikan menjadi punya arti sendiri bagi para pendidik; dimana lembaga pendidikan formal mengenal sosok pendidik dengan sebutan "Guru". Ya, guru adalah sosok manusia biasa yang memiliki segudang wawasan positif menuntun para siswa menjadi generasi yang memiliki pengetahuan umum yang baik dan perilaku yang sehat. Meskipun penulis menggunakan kata "pendidik", bukan berarti penulis tidak setuju dengan kata "Guru". Karena bagi penulis, kata pendidik punya arti yang lebih "nyaman"  untuk digunakan.


Kembali kepada sosok yang dinamakan "Guru", yang kini telah menjadi pilihan banyak orang dalam kelanjutan aktivitas kehidupan mereka. Namun penulis mencoba melihat sosok Guru sebagai profesi atau pekerjaan. 

Profesi seseorang menjadi tugas dan kewajiban atas dirinya dimanapun ia beraktivitas; bukan hanya sebagai Guru dalam hal ini pengajar di sekolah formal atau non-formal, namun juga Guru sebagai panutan dalam setiap ruang lingkup aktivitas manusia. 

Di sisi lain, pekerjaan seseorang juga menjadi tugas dan kewajiban atas dirinya terhadap aktivitas yang ia lakukan dalam suatu ruang lingkup kehidupan; seperti seorang pengemudi, pedagang, penjaga keamanan, pebisnis, dan lain sebagainya.


Penulis sendiri lebih memilih sosok seorang Guru sebagai Profesi, yang dalam hal ini penulis secara pribadi lebih mengedepankan transfer ilmu dan wawasan positif sebagai prioritas sebagai seorang Guru (pendidik).


Salam...


Jakarta, 05 Oktober 2012



No comments:

Post a Comment